Kamis, 05 Januari 2017

5 Jenis Sakit Kepala dan Obatnya

Perlu kamu ketahui bahwa sakit kepala itu bermacam-macam jenisnya, tergantung dari sebab terjadinya sakit kepala tersebut. Berikut ini kami sajikan rangkuman jenis-jenis tersebut.



Sakit kepala migrain

Cirinya sakit kepala tipe ini adalah terjadi minimal lima kali sakit kepala, berlangsung 4-72 jam, terasa cekot cekot, terjadi pada satu sisi dari nyeri sedang hingga berat disertai mual atau muntah, kepakaan terhadap cahaya dan suara.

Obat anti-inflamasi nono steroid, opiat, antidepresan, beta-blocker dan triptans adalah obat-obatan preventif kuratif yang dapat digunakan untuk menyembukan penyakit sakit kepala migrain ini.

Sakit Kepala Cluster

Adapun jenis sakit kepala satu ini lebih sering menimpa kaum bani adam ketimbang kaum hawa. Cirinya adalah rasa sakit pada satu sisi dan membuat mata berair, hidung meler atau tersumbat, munculnya juga tiba-tiba.

Efek dari sakit kepala cluster ini adalah rasa tidak nyaman, gelisah, sulit untuk berbaring di tempat istirahat. Untuk saat ini masih belum diketahui pasti keterkaitan secara ilmiah antara sakit kepala dengan perasaan ini, sehingga tidak ada obat khusus untuk mengatasinya.

Tension Headaches

Ini adalah jenis sakit kepala akibat tegang. Orang yang terkena penyakit jenis ini, akan merasakan sakit secara konstan atau tekanan di sekitar kepala. Namun tidak separah migrain yang dapat menyebabkan mual dan muntah dan tidak sampai menghentikan aktivitas harian.

Menurut para ahli, kontraksi kulit kepala dan otot-otot leher memicu terjadinya sakit kepala. Anda bisa menggunakan Tylenol, ibuprofen, dan aspirin untuk meredakan sakit kepala jenis ini

Sakit kepala sinus

Ini adalah penyakit yang sering disebabkan infeksi yang acapkali menjurus pada sakit kepala. Penyakit yang juga biasa menyertainya adalah demam. TIpe sakit kepala ini pengobatannya adalah dengan menggunakan antibiotik dan antihistamin atau dekongestan

Sakit kepala rebound

Berlebihan dalam penggunaan obat sakit kepala semisal acemataminophen, aspirin, ibuprofen yang merupakan obat obatan tanpa resep justru dapat menimbulkan sakit kepala jenis rebound.

Cirinya adalah penderita akan merasa gelisah, insomnia, sembelit, atau gugup yang berlangsung selama 2 hingga 10 hari, tapi pada sebagian orang bisa berlangsung hingga beberapa pekan.

Pergilah ke dokter untuk mengkonsultasikan penyakit anda ini, agar diberikan resep yang dapat meringankan efek samping yang berhubungan dengan gejala withdrawal.

Itulah 5 jenis sakit kepala yang telah kami rangkum, semoga dapat membantu anda mengetahui jenis sakit kepala yang sedang anda alami.